Minggu, 27 Mei 2012

Peluang Usaha Budidaya Cacing Tanah


Budidaya cacing tanah dapat menjadi pilihan usaha yang menjanjikan, kenapa ? karena ada beberapa alasan yang dapat mendorong kita memilih usaha ini yakni :

1.   Tidak memerlukan tempat yang luas
2.   Tidak membutuhkan modal yang besar
3.   Biaya pemeliharaan relative kecil


Difinisi dan Sejarah

Cacing merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang, bentuknya gilik atau pipih yang tergolong hewan  invertebrata.

Dapat ditemui di tanah yang gembur dan basah, di mana tempat tersebut dulu adalah tempat pembuangan sampah dan kotoran hewan. Cacing tanah telah lama dikenal oleh masyarakat, secara khusus para petani.


Manfaat Cacing Tanah

Cacing tanah memberikan manfaat yang besar bagi dunia pertanian dan menjadi mitra yang setia bagi para petani.

 Oleh karena cacing dapat membuat tanah menjadi gembur, dan subur.  Cacing tanah menyukai tempat yang mengandung bahan-bahan organik yang berasal dari kotoran hewan, dan bahan-bahan dari tumbuhan.

Keberadaan  cacing membuat bahan-bahan organik menjadi hancur dan juga mengundang macam-macam mikroba, sehingga nutrisi dapat dengan mudah diserap oleh tanaman, serta struktur tanah menjadi baik.


Cacing dapat diekstrak untuk keperluan obat herbal dan kosmetik

Masyarakat sekarang telah mengetahui bahwa cacing tanah dapat membantu proses penyembuhan pada seseorang yang terkena tifus. Saat ini cacing dapat diekstrak menjadi kapsul.

Oleh karena itu, di Jepang, Hongaria, Thailand, Filipina, dan Amerika Serikat, cacing tanah sudah dimanfaatkan sebagai bahan makanan manusia selain digunakan untuk ramuan obat baik untuk pencegahan maupun pengobatan dan bahan kosmetik.


Cacing dapat dipakai sebagai bahan utama pembuatan pakan ikan dan ternak.

Cacing kaya protein (50-72 %), cacing tanah juga mengandung beberapa asam amino yang sangat penting bagi unggas seperti arginin (10,7 %), tryptophan (4,4 %), dan tyrosin (2,25 %). Ketiga asam amino ini jarang ditemui pada bahan pakan lainnya.
Kandungan Protein Cacing Tinggi
Kandungan senyawa kimia cacing tanah memang unik. Kadar protein cacing tanah sangat tinggi, yaitu 58 persen hingga 78 persen dari bobot keringnya (lebih tinggi daripada ikan dan daging) yang dihitung dari jumlah nitrogen yang terkandung di dalamnya.
Selain itu, cacing tanah rendah lemak, yaitu hanya 3 persen hingga 10 persen dari bobot keringnya. Protein yang terkandung dalam cacing tanah mengandung asam amino esensial dan kualitasnya juga melebihi ikan dan daging.
 Peluang usaha
Dengan melihat manfaat cacing tanah di atas,  tentunya ada banyak sekali peluang usaha yang nantinya dapat kita ambil di antaranya :

1.   Menjual dalam bentuk hidup untuk keperluan seperti :

-         pakan ternak atau ikan
-         untuk keperluan mancing  ikan ( hobi mancing )
-         pakan burung
-         pengobatan herbal
-         budidaya

2.   Menjual dalam bentuk produk olahan seperti :

-         Pelet
-         Ekstrak kapsul cacing
-         Tepung cacing

3.   Limbah dari cacing tanah dapat kita pakai sebagai pupuk bisa juga kita jual yakni kasting dan pupuk cair



Tidak ada komentar:

Posting Komentar